Tokoh Inspirasi Indonesia, Bob Sadino

Sebuah wirausaha adalah suatu usaha yang dilakukan oleh seseorang dengan mengupayakan berbagai hal kreatif dan inovatif guna mengubah sumber daya dengan produktivitas rendah menjadi tinggi. Berwirausaha tidaklah mudah, penuh dengan risiko, untuk itu setiap orang yang berwirausaha harus berani mengambil risiko. Salah satu orang yang berhasil berwirausaha di Indonesia adalah Bob Sadino. Ia merupakan salah satu tokoh inspirasi Indonesia pada bidang kewirausahaan karena berhasil mengubah peruntungannya di dunia bisnis dengan melakukan hal inovatif dan kreatif.

Bob Sadino merupakan seorang pengusaha Indonesia yang berhasil mengembangkan wirausaha di bidang pangan dan peternakan. Keberhasilan wirausaha yang dijalankan Bob Sadino sekarang ini hingga menjadi salah satu tokoh inspirasi Indonesia tidaklah melalui proses yang mudah. Ia berulang kali mengalami kegagalan dalam menjalankan usaha yang dimiliki.

Bob Sadino Sudah Gigih Sejak Muda

Bob Sadino adalah anak bungsu dari lima bersaudara dengan orangtua yang hidup berkecukupan. Pada saat itu, keempat saudara kandung Bob sudah hidup dengan mapan, dan Bob yang masih berusia 19 tahun adalah anak yang belum mapan hingga pada saat orangtuanya meninggal, Ia mewarisi seluruh kekayaan orangtuanya dan menggunakannya untuk berkeliling dunia. Dalam perjalanannya itu Ia sempat tinggal dan bekerja di Belanda selama 9 tahun dan bertemu calon istrinya.

Baca juga : Profil Wirausaha Sukses Masa Kini

Tahun 1967 merupakan tahun dimana Bob memutuskan untuk kembali ke Indonesia dengan membawa dua buah mobil mercedes miliknya. Satu mobil Ia jual dan digunakan untuk membeli tanah di kawasan Kemang, dan yang satunya lagi Ia sewakan saat Ia memutuskan untuk keluar dari perusahaan tempatnya bekerja.

Suatu saat ketika Bob sedang mengendarai mercedesnya Ia mengalami kecelakaan yang membuat mobilnya rusak parah. Karena tidak memiliki cukup biaya untuk memperbaiki mobil maka Ia memutuskan untuk bekerja menjadi tukang batu hingga sempat mengalami depresi karena kekurangan biaya hidup. Pada suatu hari Bob disarankan seorang teman untuk memlihara ayam agar mampu melawan depresi.

tokoh inspirasi indonesia

Berawal dari memelihara ayam itulah Bob seakan mendapat ilham, Ia lantas berpikir bahwa ayam saja mampu berjuang hidup, sudah pasti manusia juga bisa. Bob menjalani kegiatan barunya dengan ikhlas sehingga mampu menjual beberapa kilogram telur ayam setiap harinya hingga memiliki banyak pelanggan.

Kebanyakan pelanggan yang membeli telurnya merupakan orang asing, hal ini tidak lain karena Bob dan istrinya fasih berbahasa inggris sehingga menjadi faktor lebih yang dimiliki. Sebagai seoranng penjual, tentunya cacian dari pelanggan adalah hal yang sering ia dengar, hal ini tak lain juga karena sikap Bob yang cenderung feodal. Bob tidak mau terus-terusan mendapat cacian dari pelanggan sehingga ia beralih menjadi pribadi yang melayani karena memang tugas utama seorang penjual adalah melayani pembeli degan sebaik-baiknya.

Usaha keras Bob dan istrinya semakin hari semakin berkembang hingga ia berhasil menjadi seorang pemilik tunggal sebuah super market Kem Chicks. Usaha supermarketnya ini berkembang pesat dan ia mengembangkan bisnisya ke bidang agribisnis, dengan mengelola kebun sayur mayur untuk konsumsi orang asing.

Bisnis Bob Melesat dengan Cepat

Pada saat itu ia berhasil menjual sayur kangkung kepada orang asing dengan harga Rp 1000, harga yang tidak akan dijumpai oleh penjual lain untuk seikat kangkung pada masa itu. Bob terus mengembangkan usahanya hingga ia memiliki sebuah pabrik pengolahan daging bernama Kem Food di Pulogadung, dan juga sebuah rumah makan Shaslik di daerah Blok M Kemayoran.

Pada tahun 1985 usaha yang djalani Bob sudah mampu menjual sekitar 100 ton sayuran segar, 50 ton daging segar, dan 70 ton daging olahan. Kesuksesan Bob saat ini merupakan buah hasil kerja keras dan kegigihan yang Bob jalani hingga Ia berhasil menjadi salah satu tokoh inspirasi Indonesia.

Bob Sadino, salah satu tokoh inspirasi indonesia ini meski memiliki harta yang berlimpah tetap mempertahankan gaya berpakaian sederhananya dengan sering memakai celana dan kemeja lengan pendek.

Tokoh Inspirasi Indonesia, Bob Sadino | admin | 4.5