Wirausaha Sosial

Wirausaha sosial merupakan sebuah usaha yang dilakukan dengan melihat masalah menjadi sebuah peluang untuk membentuk model bisnis baru yang bermanfaat bagi pemberdayaan masyarakat. Dalam wirausaha sosial, keuntungan materi bukanlah yang utama, melainkan bagaimana gagasan yang diajukan mampu memberikan dampak yang baik bagi masyarakat.

Berwirausaha sosial dalam masyarakat sama halnya dengan menabung dalam jangka waktu yang lama karena untuk melihat hasil dalam wirausaha sosial memerlukan waktu dan proses yang cukup lama. Jakarta sebagai kota metropolitan menyimpan ketimpangan di dalamya.

wirausaha sosial

Dibalik gaya hidup mewah masyarakat ibukota, disisi lain ada kaum yang terpinggirkan hingga putus sekolah dan tek dapat terhidar dari pengangguran. Melihat ketimpangan yang terjadi, peluang wirausaha sosial ini diketahui benar oleh Alia Noor Anoviar, lulusan konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Awal mula wirausaha sosial yang dijalankan oleh Alia adalah ketika Ia dan teman-temannya membentuk sanggar dalam Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) kategori Pengabdian Masyarakat pada tahun 2011. Berawal dari PKM yang dibuatnya bersama kelompoknya, Alia dan teman-temannya berniat untuk mendirikan sebuah sanggar belajar untuk anak-anak yang putus sekolah.

Alia yang semapat mendapatkan beasiswa di Thailand selama 4 bulan memanfaatkan ilmu yang dimiliki dengan kembali ke Manggarai dan membentuk sebuah sanggar belajar yang diberi nama Dreamdelion Cerdas. Setelah sering berkomunikasi dengan warga sekitar, Alia menangkap perlunya mendirikan sebuah social business untuk membantu masyarakat berpenghasilan dengan usaha sendiri.

Baca juga : Profil Wirausaha Sukses Paling Muda

Untuk itu, Alia membentuk Dreamdelion Kreatif  dengan mengajak kaum wanita yang mayoritas ibu-ibu untuk melakukan kegiatan mendaur ulang sampah hingga menjadi produk yang memiliki nilai jual. Dreamdelion Kreatif ini mengajarkan dan membimbing kaum ibu wanita untuk membuat berbagai kerajinan tangan seperti tas, bando, bros, boneka, dan berbagai kerajinan tangan lain.

Produk Dreamdelion Kreatif Sudah Punya Pelanggan

Produk dari Dreamdelion Kreatif ini sudah memiliki pelanggan, diantaranya yaitu Hotel Hilton di Bandung, UKM Center FEUI, Indolicious Cafe, dan juga pelanggan individu. Pemasaran yang dilakukan untuk produk dari Dreamdelion Kreatif ini bermacam, mulai dari media sosial, melalui website dreamdelion.com, serta dengan mengikuti berbagai bazar produk kerajinan tangan.

Dreamdelion kreatif memiliki laba yang digunakan untuk membiayai operasional sanggar  belajar agar tetap aktif. Setelah berjalan beberapa lama, dreamdelion kreatif terus berkembang dan menghasilkan laba yang lebih dari cukup untuk operasional sanggar belajar, sehingga dana sisa digunakan untuk mendanai setiap acara yang digelar oleh dreamdelion. Dreamdelion cerdas dan dreamdelion kreatif adalah dua program yang berjalan secara berkesinambungan.

Selain kedua program tersebut, Alia juga mencanangkan dreamdelion sehat. Dreamdelion sehat merupakan sebuah program yang bertujuan untuk menekan permasalahan dalam hal kesehatan & lingkungan. Salah satu program dreamdelion sehat yang sudah berjalan adalah Gerakan Manggarai Sehat (Gemas).

Gerakan Manggarai Sehat sudah berlangsung empat kali dengan program membagikan kupon pengobatan gratis kepada warga. Selain program Gemas, program lain yang juga sudah berjalan adalah penyuluhan kesehatan reproduksi untuk kaum remaja dan kaum dhuafa dengan menggandeng Forum Mahasiswa Peduli Kesehatan Reproduksi Remaja Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Dreamdelion Kreatif Ala Alia

Alia menjelaskan bahwa ilmu pemberdayaan masyarakat yang dimiliki dan diterapkannya pada warga Manggarai tak lain salah satunya adalah karena ia memperolehnya saat menjalani pertukaran pelajar selama 4 bulan di Thailand. Menurutnya, salah satu hambatan yang diperoleh dalam menjalankan program-programnya adalah bagaimana mengubah pola pikir masyarakat agar bergerak maju. Dreamdelion kreatif adalah salah satu bentuk wirausaha sosial yang sukses dikembangkan oleh Alia dan warga Manggarai.

Kegigihan Alia dalam mengubah pola pikir masyarakat Manggarai agar mau berkontribusi dalam wirausaha sosial, kesehatan, dan juga mencerdaskan masyarakat patut untuk dicontoh.

Wirausaha Sosial | admin | 4.5